Limit bandwidth android di mikrotik



kali ini gue mau share tutorial tentang mikrotik,  beberapa hal yang menarik (buat gue :p ) bakal dibagi di sini, kali ini tentang perangkat android yang ikut pada jaringan mikrotik. Tentunya pada kebingungan ga sih kalo ada perangkat android banyak, semua pada donlot or main game, kebayang gat uh bandwidth kantor diabisin semua ama hape2 android tidak dikenal.


Untuk jaringan yang menggunakan DHCP server, pasti terlihat di DHCP leases hostname perangkat yang mendapatkan IP dari mikrotik, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengelompokkan berdasarkan hostname android untuk ditambahkan secara otomatis di address list. Yang nantinya address list ini akan menjadi sumber segalanya, mau langsung di limit simple queue, atau dilakukan packet marking, atau dirubah jalur routingnya, semuanya bisa asal harus menambah address list.

Jika perangkat android selalu berganti-ganti, maka akan menyulitkan admin jaringan untuk menambahkan IP android tersebut di address list. Nah gue ada script sederhana untuk menambahkan hostname android di DHCP leases untuk dimasukkan kedalam address list.

#untuk menemukan dan memindahkan ke addreas list
:foreach i in=[/ip dhcp-server lease find host-name~"android"] do={
:local hostIP value=[/ip dhcp-server lease get $i value-name=active-address]
/ip firewall address-list add address=$hostIP disabled=no list=android-ip
}

Naah..script itu bisa di jalankan di new terminal, seharusnya semua hostname dengan label android akan dipindahkan  ke address list android-ip, untuk pelabelan nama sudah ane kasih warna merah, bisa diganti sesuka kalian.

Untuk antisipasi jika ada perangkat android baru yang konek, maka bisa ditambahkan script berikut untuk menghapus address list android-ip dan jalankan lagi script sebelumnya untuk menambahkan data yang lebih baru.

#untuk menemukan dan menghapus
ip firewall address-list remove [find list~"android-ip"]

mikrotik memang perangkat yang istimewa, harganya tidak terlampau mahal jika disbanding kan dengan router-router branded lainnya, tapi fungsi yang didalamnya tidak kalah, sangat fleksibel dan bisa bisa digunakan dengan berbagai cara.


sekian tutorial ini, semoga bisa membantu, jika ada masukan atau sharing tentang mikrotik dll bisa di komenkan di sini atau email juga boleh :

2 komentar :

  1. ko host name android semua tidak masuk semua ke address-list. why?

    BalasHapus

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 ScubBlog and Blogger Themes .