Linux From Scratch

kali ini gw bakal ngebahas tantang LFS (linux from scratch), post ini berkat pengalaman gw, karena setau gw neh, yang namanya nginstal LFS tu susah banget, sampe mau mati rasanya, begadang, gag tidur seharian, pokoknya capek deh :D.

      tetapi ada baiknya kita tau apa itu LFS, linux from scratch, dari namanya kita sudah bisa nebak, intinya adalah kita bikin suatu sistem operasi dalam hal ini linux, tapi biasanya orang bikin linux atau sistem operasi itu mesti jago programing. nah..buat kalian yang otaknya rada gag kuat programing.hehe..bisa coba LFS ini. dalam membangun LFS sudah ada panduannya, panduannya bisa di download di sini. untuk master LFS dan juga mengenai perkembangan LFS bisa download di sini 



      sekarang boleh kita bahas, apa sih LFS itu




Sejarah linux
Pada tahun 1991, di Helsinki, Linus Torvalds memulai proyek yang kemudian menjadi kernel Linux. Pada awalnya sebuah terminal emulator, yang Torvalds digunakan untuk mengakses server UNIX besar dari universitas. Dia menulis program khusus untuk perangkat keras ia menggunakan dan independen terhadap sistem operasi, karena ia ingin menggunakan fungsi dari PC baru dengan 80.386 prosesor. Pembangunan dilakukan pada MINIX menggunakan GNU C compiler, yang masih merupakan pilihan utama untuk mengkompilasi Linux hari ini (meskipun kode dapat dibangun dengan compiler lain, seperti Intel C Compiler)

Pada awal 90-an sistem GNU / Linux terdiri dari lebih sedikit dari kualitas beta-kernel Linux dan koleksi kecil software dari proyek GNU. Itu adalah benar-benar sistem operasi hacker. Tidak Ada CD-ROM atau instalasi GUI tools, semuanya harus dikompilasi dan dikonfigurasi oleh pengguna. Menjadi Ahli Linux berarti mengetahui sistem anda dalam dan luar.

Menjelang tengah dekade beberapa GNU / Linux distribusi mulai muncul. Salah satu Slackware pertama pada tahun 1993 dan sejak itu ada banyak orang lain. Meskipun ada banyak "rasa" dari Linux hari ini, tujuan utama dari distribusi tetap sama. Distribusi mengotomatisasikan beberapa tugas yang terlibat di GNU / Linux instalasi dan konfigurasi mengambil beban dari administrator sistem. Menjadi Ahli Linux yang sekarang berarti mengetahui tombol untuk klik pada alat administrasi GUI.

Baru-baru ini telah terjadi merindukan untuk kembali ke "masa lalu" Linux, sysadmins itu hardcore Geeks dan semuanya dikompilasi dari source code. Sebuah indikasi penting dari gerakan ini adalah publikasi dari Linux-From-Scratch-HOWTO versi 1.0 oleh Gerard Beekmans pada tahun 1999. Menjadi Ahli Linux sekali lagi berarti mengetahui bagaimana melakukannya sendiri.

LINUX FROM SCRATCH
Linux From Scratch disingkat LFS, adalah Linux dari Nol atau Linux dari dasar. Pertama kali dikembangkan oleh Gerad Beckmans, berawal dari rasa tidak puas dengan semua distro yang ada. LFS kini merupakan sebuah proyek terbuka yang menyediakan bimbingan dibutuhkan untuk membangun sistim Linux pribadi Anda, langkah demi langkah dari Nol. Baik resep (bahasa Inggris) maupun bahan bakunya yang senantiasa ditingkatkan dan diperbaiki disediakan oleh LFS. Saat membangun distro pribadi secara manual dengan menginstalasi paket satu demi satu, Anda akan mengetahui segalanya yang membuat sebuah Linux berfungsi.

Linux From Scratch adalah petunjuk rinci bagaimana Anda dapat bootstrap, membangun, mengkonfigurasi dan menginstal sendiri sistem GNU / Linux dari bawah ke atas.Setiap bagian dari teka-teki Linux dijelaskan, dengan petunjuk tentang cara mengkonfigurasi dan mengkompilasi semua dari source.

LFS distribusi LiveCD khusus untuk mengajarkan bagaimana membuat distribusi linux khusus dengan melakukan kompilasi sendiri. LiveCD-nya sendiri, dapat digunakan sebagai host untuk membangun distro.Dalam distribusinya, disertakan semua source code beserta patch-nya yang diperlukan untuk proses kompilasi dan Ebook panduan langkah demi langkah yang bisa di print maupun diakses saat melakukan kompilasi.

Linux From Scratch adalah cara untuk menginstal sistem Linux yang bekerja dengan membangun semua komponen secara manual. Ini, tentu saja, proses yang lebih panjang daripada memasang pre-compiled distribusi Linux. Menurut Linux From Scratch website, keuntungan metode ini adalah yang kompak, fleksibel dan sistem aman dan pemahaman yang lebih besar dari kerja internal dari Linux OS.

Partisi yang bersih dan sebuah sistem Linux dengan kompilator dan beberapa perangkat lunak penting perpustakaan diperlukan untuk membangun LFS. Daripada menginstal dari sistem Linux yang sudah ada, orang dapat juga menggunakan Live CD (misalnya, Linux From Scratch Live CD). LFS Live CD yang berisi semua paket source (dalam versi lengkap dari Live CD saja), maka buku LFS, otomatis alat-alat bangunan dan (kecuali untuk minimal versi Live CD) sebuah lingkungan GUI Xfce untuk bekerja masuk

Pembuatan distro dengan basis Linux From Scratch (LFS) . Metode ini biasanya digunakan bagi pengembang untuk membuat distro tanpa bisa untuk dikembangkan lagi dalam hal ini distro dipakai untuk diri sendiri. Linux From Scratch merupakan cara pembuatan distro secara mandiri, dimana semua aplikasi dikompilasi dari kode sumber murni (pristine code). Kelemahan dari metode ini adalah distro yang dihasilkan tidak biasa dibuat satu ISO yang installable, dan sulit untuk didistribusikan kembali, kalaupun dapat dikembangkan hal tersebut memerlukan usaha yang besar serta memerlukan tim yang handal. 
keuntungan dengan membangun LFS :

1.      LFS mengajarkan bagaimana linux system bekerja dari dalam
membangun LFS dapat mengajarkan kalian bagaimana membuat linux system, bagaimana semua komponen (paket) bekerja sama dan saling ketergantungan satu sama lain. Dan yang paling penting mengajarkan kita bagaimana untuk memodifikasi linux kita sesuai selera dan kebutuhan kita.

2.      Membangun LFS menghasilkan linux system yang sangat solid
saat kalian menginstal linux yang biasa di distribusikan, anda akan berakhir dengan menginstal banyak program bawaan yang munkin akan jarang di gunakan. Program tsb hanya akan memakan ruang disk kita. Tidak sulit ketika menginstal LFS dengan kapasitas 100MB. Kita membuat system yang cukup untuk menjalankan apache web server, total disk yang di pakai sekitar 8MB sampai 5MB atau kurang. Coba itu dengan linux yang biasa di distribusikan.

3.      LFS sangat flexible
Bangunan LFS bisa dibandingkan dengan rumah selesai. LFS akan memberikan kerangka dari sebuah rumah, tetapi terserah pada Anda untuk menginstal pemipaan, saluran listrik, dapur, kamar mandi, wallpaper, dll Anda memiliki kemampuan untuk mengubahnya menjadi jenis sistem apapun yang Anda butuhkan untuk menjadi, disesuaikan sepenuhnya Anda.

4.      LFS menawarkan keamanan tambahan
Anda akan mengkompilasi seluruh sistem dari source, sehingga memungkinkan Anda untuk mengaudit semuanya, jika Anda ingin melakukannya, dan menerapkan semua patch keamanan yang Anda inginkan atau perlu mengajukan permohonan. Anda tidak perlu menunggu orang lain untuk menyediakan paket biner baru yang (semoga) perbaikan lubang keamanan. Seringkali, Anda tidak pernah benar-benar tahu apakah lubang keamanan yang tetap atau tidak kecuali jika Anda melakukannya sendiri.




jadi tahap-tahap dari ngebuat lfs itu sendiri garis besarnya adalah sebagai berikut :
1. kita buat partisi kosong dulu dengan format partisi yang support buat linux
2. kita buat temporary file system.. Jadi kasarannya kita buat tools chain / rantai untuk membuat sistem asli  dari linux yang akan kita buat (ya kasarannya buat konsole sementara untuk ngebuild sistem yang asli)
3. setelah itu kita chroot ke temporary sistem tadi, baru kita build sistem yang asli
4. setelah semua sistem selesai dibuat, kita buat bootscriptnya (script2 yang akan tereksekusi     saat   booting)
5. baru kita set grub loadernya sehingga sistem bisa load di awal nyalain computer
6. jadi lfs, terus kita baru buat script2 initnya

ok semoga tulisan gw tentang lfs berguna, mungkin yang lagi nyari2 makalah lfs, semoga blog ini bisa membantu, coz waktu gw bikin ne makalah susah banget nyarinya.hehe

saran gw kalo mw bikin lfs, semangat aj.hehe

untuk download lfs dan mengetahui perkembangan lfs bisa di link ini : download
download panduan pembuatan lfs di sini : download
salam open source.:)

4 komentar :

  1. Anonim1:10 PM

    bro minta panduan LFS nya donk link yang diatas sudah tidak bisa digunakan

    BalasHapus
  2. ok, sory2 bro..
    uda di perbaiki. :)

    BalasHapus
  3. dari diri sendiri ngerti ga perancangan LFS itu gimana kk ? :)
    saya lagi ada tugas akhir membangun linux dari lfs

    BalasHapus
  4. gw cman sdikit ngerti, dari tugas2 kuliah
    mnurut gw intinya dari LFS tu ya kita bangun sendiri linux yg kita pengenin
    kita bisa milih paket mana aja yg di instal, gmana mslh security dll
    kalo ada yg bisa ane bantu, y ane bantu sebisanya gan, coz ane jg masih belajar.hahaha

    BalasHapus

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 ScubBlog and Blogger Themes .